Jumat, 18 Januari 2013

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Ekonomi

Contoh iklan


Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang kehidupan. Perubahan tersebut tak terkecuali di bidang ekonomi, dimana para pelaku ekonomi memperoleh berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya. Berikut ini beberapa manfaat TIK di bidang ekonomi.

1. Pemasaran Online

Kemajuan teknologi memudahkan para produsen dan distributor dalam memasarkan produk. Mereka tidak harus berkeliling untuk mempromosikan produknya kepada khalayak. Cukup bermodalkan domain dan perangkat daring lainnya, produk sudah dapat diketahui oleh calon konsumen. Sebagai dampaknya, produk akan diketahui tidak sebatas daerah tertentu saja melainkan diketahui oleh orang-orang di lingkar luar yang kemungkinan tidak pernah dijangkau oleh produsen. Selain itu, biaya yang dikeluarkan akan relatif lebih kecil jika dibandingkan memuat iklan di media lain.

Penjualan online - dokumen pribadi.

2. Transaksi Jarak Jauh

Dengan adanya teknologi, calon konsumen tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke toko untuk mencari barang atau jasa yang dibutuhkannya. Ia cukup duduk di tempat dengan menekan tombol-tombol komputer, menggeser tetikus, dan atau mengetuk layar telepon pintar yang dimiliki.

Transaksi online - dokumen pribadi.

3. Penerimaan Karyawan secara Online

Perusahaan tidak akan berjalan tanpa karyawan. Untuk mendapatkan secara cepat, perusahaan dapat menginformasikannya melalui website. Dengan demikian, informasi kemungkinan besar lebih cepat diketahui calon karyawan dibanding pengumuman pada selembar kertas yang ditempel di papan pengumuman atau ditaruh di pinggir jalan.

Lowongan pekerjaan online - dokumen pribadi.


4. Bekerja Online

Bekerja tidak harus pontang-panting. Di depan komputer atau gadget, duduk sambil mendengarkan musik alon-alon pun dapat menghasilkan selembar uang. Sebagai contoh, bekerja sebagai internet marketing. Dalam hal ini, seseorang tidak harus memiliki produk sendiri. Ia cukup menjadi re-seller. Hal yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah kelihaian dan pengetahuan yang cukup di bidang internet. Sebab, ia harus memperkenalkan produk orang lain hingga terjual.

Ilustrasi kerja daring - Lihat sumber gambar.


5. Kemudahan Transaksi Perbankan bagi Nasabah

Menarik uang (tabungan) di bank menjadikan suatu hal yang mengesalkan jika harus mengantre berjam-jam. Namun, hal tersebut sudah dapat diatasi hanya dengan memiliki sebuah kartu plastik yang lazim disebut kartu ATM. Nasabah cukup memasukkan kartu ATM dan PIN serta mengetik sejumlah uang dibutuhkan di mesin ATM dan uang pun akan segera diperoleh. Selain itu, kartu ATM juga memudahkan nasabah bank dalam berbelanja. Ia tidak perlu membawa uang ke toko, mall, atau supermarket.

Penarikan uang di mesin ATM - Lihat sumber gambar.

6. Kemudahan dalam Administrasi (Keuangan)

Profesi bendahara atau akuntan membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk membuat laporan keuangan. Seorang akuntan membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung deretan angka jika dilakukan secara manual menggunakan kalkulator. Selain waktu yang lama, kadangkala terdapat kekeliruan. Namun, hal tersebut bukan zamannya lagi. Akuntan cukup memasukkan angka-angka ke dalam suatu aplikasi dan laporan keuangan akan terhitung secara otomatis. Di sisi lain, teller di bank tidak mungkin menghitung uang satu-satu lembar. Ia membutuhkan suatu teknologi muktahir untuk menghitung uang secara cepat dan tepat agar nasabah tidak lama mengantre.

Selain contoh di atas, TIK juga memudahkan perbankan dalam melaporkan keuangan, informasi kurs mata uang, dan atau menarik minat calon nasabah baru. Di sisi lain, perusahaan-perusahaan dapat saling bertukar informasi mengenai saham, obligasi, dan lainnya tanpa harus bertatap muka. Ada banyak manfaat teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi yang pada dasarnya akan menjadikan kegiatan perekonomian lebih efektif dan efisien.